ppid@riau.go.id (0761) 45505
Diserahkan Oleh Gubernur Riau, Kabupaten Kampar Raih Penghargaan UHC dengan Persentase 97,70%

Diserahkan Oleh Gubernur Riau, Kabupaten Kampar Raih Penghargaan UHC dengan Persentase 97,70%

  • PPID UTAMA
  • 16 October 2023
  • 125 View

PEKANBARU- Pemerintah Kabupaten Kampar Meraih Penghargaan Universal Health Coverage (UHC) Award dari Pemerintah Provinsi Riau, Penghargaan tersebut diraih Karena Kabupaten Kampar Meraih Persentase UHC 97, 70% Penduduk Kabupaten Kampar sudah Terdaftar sebagai peserta Jaminan Kesehatan Nasional (JKN).

Penghargaan tersebut diserahkan oleh Gubernur Riau Syamsuar,dan diterima oleh Pj Bupati Kampar Muhammad Firdaus, yang diwakili oleh Pj Sekda Kampar Ramlah, dalam acara Launching Jaminan Kesehatan Semesta/ Universal Health Coverage (UHC) Provinsi Riau yang diselenggarakan di Gedung Pauh Janggih Pekanbaru, Senin (16/10/2023).

Pj Sekda Kampar Ramlah menyampaikan bahwa, tercapainya penghargaan ini merupakan Komitmen Pj Bupati Kampar yang selalu memperhatikan masyarakat yang sakit atau berobat supaya masyrakat Kampar lebih memikirkan masa depan anak-anaknya untuk menjadi Kabupaten yang termaju di Provinsi Riau.

“Dalam penghargaan yang diserahkan Oleh Gubernur Riau Dari BPJS Pusat ini adalah Pertama, Piagam Penghargaan Kabupaten Kampar atas Komitmennya mencapai Universal Health Coverage (UHC) Tahun 2023, yang Kedua, Piagam Penghargaan Pencapaian Jaminan Kesehatan Semesta/Universal Health Coverage (97,70%) Serta  Plakat dari Gubernur Riau,"ujarnya.

Maka dari itu, dengan Universal Health Coverage dengan Rating 97,70%, Angka ini merupakan bentuk Keseriusan Pemerintah Kabupaten Kampar untuk Menjamin Kesehatan seluruh Masyarakat Kabupaten Kampar.

"Semoga dengan UHC berobat Gratis hanya dengan Modal KTP ini, bisa berlanjut kedepannya sehingga masyarakat merasakan Wujud nyata Pemerintah dalam menangani Kesehatan Masyarakatnya,"harapnya.

Sementara itu Gubernur Riau dalam sambutannya mengucapkan terima kasih kepada Direktur Utama yang memberikan bekal kepada kita semua dan memberikan semangat dalam rangka memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat Provinsi Riau.

Tentunya tidak mengurangi arti dari komitmen pelayanan Kesehatan yang terbaik, maka hari ini Provinsi Riau serta kabupaten/Kota Sudah UHC berarti sudah diatas 95% masyarakat Riau yang sudah terdaftar UHC berobat gratis hanya KTP saja.”ungkapnya.”

Ia juga mengatakan, Pencapaian Provinsi Riau Terhitung Tanggal 01 Oktober 2023 sudah mencapai UHC tentunya capaian ini merupakan wujud komitmen nyata bahwa pemerintah telah hadir guna memastikan seuruh masyarakat Provinsi Riau telah memiliki akses terhadap jaminan pelayanan kesehatan yang bermutu.

“Saya juga mendukung dan apresiasi Kepada Pemerintah Kabupaten/kota yang mempunyai Komitmen bersama dalam mendukung Program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) berjalan dengan baik, sehingga Masyarakat di Provinsi Riau ini mendapatkan Pelayanan yang Prima dalam menjamin Kesehatannya,”ungkapnya.

“Maka kita sebagai Pejabat Daerah Bekerjalah Dengan Hati untuk memastikan masyarakat kita terjamin Kesehatannya dan saya tegaskan kepada Rumah sakit Pemerintah, puskesmas/klinik diseluruh Provinsi Riau agar bisa memberikan yang terbaik kepada masyrakat, yang tidak terdaftar BPJS Kesehatan, segera dibantu,”tutupnya.

Kemudian, Direktur Utama BPJS Ali Ghufron Mukti mengatakan BPJS Kesehatan bekerja keras melakukan berbagai advokasi kepada Pemerintah Daerah agar seluruh penduduk di masing-masing wilayah dapat diintegrasikan dengan Program JKN-KIS. 

Namun Dirut BPJS ini menekankan tercapainya predikat UHC juga harus memastikan bahwa setiap penduduk memiliki akses terhadap layanan kesehatan yang adil, merata dan bermutu, baik itu layanan promotif, preventif, kuratif dan rehabilitatif.

Untuk itu, BPJS Kesehatan juga berupaya memperluas akses layanan kesehatan tersebut dengan bekerja sama dengan fasilitas kesehatan baik tingkat pertama maupun tingkat lanjutan (rumah sakit).

“ BPJS Kesehatan mendorong Kementerian dan Pemda terkait dalam hal pemenuhan sarana dan prasarana di daerah agar mutu layanan kesehatan dapat dirasakan sama, dimanapun peserta itu berada,”tutupnya.

 

 



Struktur PPID

Struktur Pejabat Pengelola dan Dokumentasi (PPID) Riau

IR. S. F. HARIYANTO M. T.,

Pj. Gubernur Riau

-

Wakil Gubernur

Indra, SE., MM

Pj. Sekretaris Daerah

IKHWAN RIDWAN, SH, M.Si

Kepala Dinas Komunikasi, Informatika dan Statistik

Penghargaan

Daftar Penghargaan Pemerintah Provinsi Riau

Penetapan Pantun sebagai Warisan Budaya Tak Benda (WBTB) oleh UNESCO pada tanggal 17 Desember 2020

Penetapan Pantun sebagai Warisan Budaya Tak Benda (WBTB) oleh UNESCO pada tanggal 17 Desember 2020

Penghargaan dari Arsip Nasional Republik Indonesia sebagai Peringkat VIII "baik” pada Kategori Pemerintah Daerah Provinsi

Penghargaan dari Arsip Nasional Republik Indonesia sebagai Peringkat VIII “baik” pada Kategori Pemerintah Daerah Provinsi

Penghargaan pembina K3 terbaik

Penghargaan pembina K3 terbaik

Provinsi Riau menerima penghargaan opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) 5 (lima) kali berturut-turut

Provinsi Riau menerima penghargaan opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) 5 (lima) kali berturut-turut

Innovative Government Award (IGA) 2020 sebagai Provinsi Sangat Inovatif dari Kemendagri RI

Innovative Government Award (IGA) 2020 sebagai Provinsi Sangat Inovatif dari Kemendagri RI

UPT. Kompetensi mendapat Sertifikat Pengakuan Kelayakan Penyelenggara Penilaian Kompetensi Grade A

UPT. Kompetensi mendapat Sertifikat Pengakuan Kelayakan Penyelenggara Penilaian Kompetensi Grade A

Informasi PPID

Informasi Data PPID Riau

Informasi Publik

611

  • 260 Tersedia Setiap Saat
  • 301 Berkala
  • 44 Serta Merta
  • 6 Dikecualikan

Permohonan Informasi

327

  • 93 Selesai
  • 181 Ditolak
  • 53 Sedang Proses

Member PPID

411

  • 410 Aktif
  • 1 Tidak Aktif

Info Grafis

Daftar Info Grafis

PPID Kabupaten/Kota

Daftar link website PPID Kabupaten/Kota

Kota Dumai Kab. Siak Kab. Bengkalis Kab. Rokan Hilir Kab. Rokan Hulu Kab. Pelalawan Kab. Kepulauan Meranti Kota Pekanbaru Kab. Kuansing Kab. Kampar Kab. Indragiri Hulu Kab. Indragiri Hilir